اللهُ
أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ
أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ
أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ، اللهُ
أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً
وَأَصِيلًا. الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي شَرَعَ لِعِبَادِهِ عِيْدًا يَذْكُرُوْنَهُ
فِيْهِ، وَيَشْكُرُوْنَهُ عَلَى فَضْلِهِ وَإِحْسَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ
إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ يَسْتَوِي عِنْدَهُ مَا فِيْ
سِرِّ الْعَبْدِ وَإِعْلاَنِهِ، وََأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ، أَرْسَلَهُ اللهُ بِالْحَقِّ وَتِبْيَانِهِ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ، أَمَّا بَعْدُ:ُ اَكْبَرْ. اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ
اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
Jama'ah
sholat Idul Fitri rahimakumullah
Sejak
tadi malam telah berkumandang alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil
sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang
kita peroleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.
Sebagaimana firman Allah SWT:
وَلِتُكْمِلُوااْلعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُاللهَ
عَلَى مَا هَدَاكُمْ ولَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
“Dan
hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah
atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”
Rasulullah SAW bersabda:
زَيِّنُوْا اَعْيَادَكُمْ بِالتَّكْبِيْر
“Hiasilah hari rayamu dengan takbir.”
Takbir
kita tanamkan ke dalam lubuk hati sebagai pengakuan atas kebesaran dan
keagungan Allah SWT sedangkan selain Allah semuanya kecil semata. Kalimat
tasbih dan tahmid, kita tujukan untuk mensucikan Tuhan dan segenap yang
berhubungan dengan-Nya. Tidak lupa puji syukur juga kita tujukan untuk Rahman
dan Rahim-Nya yang tidak pernah pilih kasih kepada seluruh hambanya. Sementara
tahlil kita lantunkan untuk memperkokoh keimanan kita bahwa Dia lah Dzat yang
maha Esa dan maha kuasa. Seluruh alam semesta ini tunduk dan patuh kepada
perintah-Nya.
Hai anak Adam, sesungguhnya
Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi `auratmu dan pakaian
indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang
paling baik. Yang demikian itu adalah
sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat” (Al-A’raaf: 26)
Secara umum, ayat ini
menjelaskan tentang fungsi esensial dari pakaian yang diwajibkan oleh Allah swt
terhadap seluruh Bani Adam yaitu untuk menutup aurat yang menjadi pembeda
antara manusia dengan binatang sehingga disimpulkan oleh Al-Qurthubi bahwa ayat
ini sekaligus merupakan perintah dan kewajiban untuk berpakaian yang menutup
aurat. Selanjutnya melalui ayat ini juga Allah menetapkan pakaian takwa yang
merupakan sebaik-baik pakaian yang dikenakan oleh hambaNya. ‘Pakaian
takwa’ yang dimaksud oleh ayat ini menurut para ulama tafsir seperti yang
dikutip oleh Ibnu Katsir dalam kitab ‘Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azim’ diantaranya
seperti yang disepakati oleh Qatadah, Zaid bin Ali dan Suddi bahwa yang
dimaksud adalah keimanan. Sedangkan Al-Aufi memahaminya sebagai amal shalih.
Manakalah Urwah bin Zubair mendefinisikan pakaian takwa adalah rasa takut
kepada Allah swt. Berbeda dengan Ikrimah yang memahami bahwa pakaian takwa
adalah pakaian yang akan dikenakan oleh orang-orang bertakwa di syurga kelak.
Seluruh makna-makna di atas ini saling berdekatan dan tidak bertentangan yang
intinya pakaian yang mencerminkan, keimanan, keshalihan dan rasa takut
kepada Allah swt sesuai dengan makna takwa itu sendiri.
Pakaian terbaik adalah
bertakwa kepada Allah Subhanahu wata’ala, dengan berserah diri kepada Allah Subhanahu wata’ala,
menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi laranga-Nya. Tanpa pakaian ketakwaan,
pakaian yang membungkus tubuh seseorang untuk memperindah dirinya tidak berarti
di sisi Allah Subhanahu wata’ala. Seorang penyair berkata,
إِذَا الْمَرْءُ لَمْ يَلْبَسْ ثِيَاباً
مِنَ التُّقَى تَقَلَّبَ عُرْيَاناً وَإِنْ لَمْ يَكُنْ كَاسِياً وَخَْيرُ لِبَاسِ
الْمَرْءِ طَاعَةُ رَبِّهِ وَلَا خَيْرَ فِيْمَنْ كَانَ لِلهِ عَاصِياً
Jika seseorang tidak memakai
pakaian ketakwaan, dia telanjang meskipun sedang berpakaian Sebaik-baik pakaian
seseorang adalah taat kepada Rabb-nya Dan tiada kebaikan bagi seseorang yang
bermaksiat kepada Allah Subhanahu
wata’ala.
Dalam konteks Ramadhan, penggalan akhir surat al-Baqarah 183 ‘agar kalian bertakwa’ merupakan
harapan sekaligus jaminan Allah akan hadirnya pakaian takwa seorang beriman
pasca Ramadhan. Jika diilustrasikan dapatlah dikatakan bahwa selama satu bulan
penuh seorang yang beriman ibarat sedang menenun pakaian takwa dengan
benang-benang amaliah ibadah bulan Ramadhan. Sehingga dapat dikatakan bahwa
iman seseorang masih dalam kondisi telanjang sebelum diberi pakaian, dan
pakaian iman tersebut adalah takwa.
Sebagai contoh misalnya bahan
atau benang pakaian takwa yang bernama ‘imsak (menahan diri)’ dari segala
tindakan yang bertentangan dengan ketentuan agama akan melahirkan sikap
pengendalian diri, kejujuran dan anti konsumerisme, sehingga pada gilirannya
akan memunculkan gaya hidup sederhana seorang yang beriman. Bukankah
pengendalian diri, kejujuran , kedisiplinan, kesederhanaan serta kesahajaan
merupakan ujian seorang yang beriman selama ber Ramadhan yang hasilnya akan
diumumkan tepat pada tanggal 1 Syawal; apakah sifat dan sikap tersebut masih
dominan atau kembali menjadi pribadi yang selalu dikalahkan oleh nafsu dan
syahwat.
Kondisi lapar dan dahaga dalam
waktu yang relatif lama dengan segala konsekuensinya akan melahirkan rasa
kepedulian sosial yang tinggi. Demikian juga, seorang muslim tetap memiliki
semangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari dalam kondisi lapar dan haus
merupakan simbol akan etos kerja dan daya tahan seorang muslim terhadap seluruh
godaan kehidupan.
Ibadah shalat tarawih dan
ibadah-ibadah yang hadir di bulan Ramadhan akan meningkatkan keimanan dan
ketauhidan seseorang terhadap Allah. Bahwa seluruh amal ibadah tersebut ia
lakukan semata-mata dengan semangat ‘imanan wahtisaban’. Sahur dan berbuka puasa bersama
yang kerap dilakukan bersama keluarga dan saudara sesama muslim merupakan simbol dari kasih
sayang dan keharmonisan ukhuwah diantara sesama orang beriman yang pada hakikatnya
merupakan buah dari keimanan mereka.
Demikian benang-benang yang
dirajut selama bulan puasa untuk menghasilkan pakaian takwa, pakaian yang harus
dikenakan oleh setiap orang beriman dimanapun dan kapanpun mereka berada. Ketika
pakaian takwa tersebut senantiasa dipakai dalam kehidupan… maka dapat
dipastikan pakaian tersebut dapat menjaganya 11 bulan setelah ramadhan.
Jangan sampai kita merusak
atau merobek pakaian takwa yang kita tenun tersebut pasca Ramadhan, seperti
yang diilustrasikan oleh Allah swt dalam firmanNya:
Allah swt merakamkan kisah
seorang wanita yang hidupnya sia-sia. Dari pagi hingga petang ia hanya memintal
benang. Di waktu petang ketika pintalan itu selesai, ia cerai-beraikan kembali.
Perhatikan! Allah swt melarang agar akhlak wanita tersebut tidak berulang
kembali bahwa perbuatan sia-sia adalah kerugian yang nyata.
Wanita dalam ayat ini
digambarkan oleh Imam Al-Qurthubi sebagai wanita jahil yang bernama Rithah
binti Amru bin Ka’ab yang identik dengan mereka yang merusak kembali kebaikan
yang telah dengan susah payah diperjuangkan setahap demi setahap. Sungguh
perbuatan yang sangat bertentangan dengan nilai Ramadhan yang seharusnya tetap
mempertahankan dan memelihara pakaian yang indah tersebut setelah berakhirnya
Ramadhan.
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم ، ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم ، أقول قولي هذا فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم ….
KHUTBAH II
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَالللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ. اْلحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ تَعْظِيْمًا لِشَأْنِهِ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثيْرًا. اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَزَجَرَ.وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ
Allahu akbar 3x Laa Ilaha illallah Allahu Akbar Walillahilhamd
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah
Akhirnya marilah kita berdoa, menundukkan kepala, memohon kepada Allah Yang Maha Rahman dan Maha Rahim untuk kebaikan kita dan umat Islam dimana saja berada:
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَحْمَدُكَ وَنَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَهْدِيْكَ وَنَعُوْذُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ.
اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ بِالإِسْلاَمِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالإِيْمِانِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالْقُرْآنِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِشَهْرِ رَمَضَانَ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالأَهْلِ وَالْمَالِ وَالْمُعَافَاةِ لَكَ الْحَمْدُ بِكُلِّ نِعْمَةٍ أَنْعَمْتَ بِهَا عَلَيْنَا.
Ya Allah, setelah Ramadhan ini, jangan biarkan lagi kami diperbudak nafsu, jangan biarkan hidup kami ditipu oleh dunia ini, jangan biarkan kami diperdaya oleh syahwat, jangan biarkan kami terjerumus karena amarah, karuniakan kepada kami hidup penuh kemuliaan dengan cahaya ilmuMu ya Alloh, karuniakan kepada kami para pemimpin yang berilmu, para pemimpin yang adil, para pemimpin yang sholeh, yang dapat membimbing kami mulia dunia akhirat.
Ya Allah, andai suatu saat hidup kami berakhir, akhirkanlah kami dalam husnul khotimah, allohumma inna nasaluka taubatannasukha, wataubatan qoblal maut, warohmatan ‘indalmaut, wa maghfirotan ba’dalmaut. Allohumma inna nasaluka khusnul khotimah, wana’udzubika min suilkhotimah.
Ya Allah, terimalah amal ibadah kami selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Ya Allah, terimalah ibadah puasa kami, shalat fardhu kami, shalat tarawih kami, shalat witir kami, shalat tahajjud kami, wudhu kami, ruku’ dan sujud kami, khusyu’ kami, dzikir kami, bacaan al-Qur’an kami. Kami sadar, ya Allah, semua ibadah yang kami lakukan jauh dari sempurna. Hanya sebatas itu, ya Allah, kemampuan iman kami. Tapi kami memohon kepadaMu, dengan sepenuh kerendahan dan sepenuh pengharapan kami, terimalah itu semua, ya Allah. Ridho-Mu, ya Allah, hanya ridho-Mu-lah yang kami harapkan melingkupi diri kami, keluarga kami, orang tua kami, saudara-saudara kami, masyarakat kami, negara kami. Engkau adalah satu-satunya tempat kami bergantung dan kami memohon pertolongan. Hanya kepadaMu kami bertawakkal, ya Allah. Ya Allah, sampaikanlah kami di bulan Ramadhan yang akan datang, sehingga kami berkesempatan untuk memperbaiki kembali kekurangan-kekurangan kami.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنـَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.